Thursday, November 5, 2015

Wisata Ke Dolphin Center Batang Jawa Tengah

Posted by traveloista on Thursday, November 5, 2015

Ada Apa di Batang Dolphin Centre?

Batang Dolphin Centre (BDC) Taman Safari Indonesia terletak didalam kawasan pantai Sigandu, Batang, Jawa Tengah. Tampak luar dari bangunan bagian depan berbentuk kapal. Di bagian depan terdapat loket dan pintu gerbang masuk. Harga tiketnya cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000,- untuk tiket non-show dan Rp 20.000,- untuk tiket show (pertunjukkan lumba-lumba).

Tampak Depan BDC
Setelah membeli tiket, saya masuk melalui pintu gerbang dan disambut oleh petugas yang menjelaskan dengan ramah tentang hal-hal yang dapat dilihat di tempat ini serta rencana pengembangan kawasan ini. Sebagai sebuah tempat wisata yang tergolong baru, wahana yang ada disini masih dalam tahap pengembangan. Rencananya, Batang Dolphin Centre ini akan dilengkapi dengan waterpark, water sport, indoor theme park dan kebun binatang. 

Dibagian dalam bangunan berbentuk kapal terdapat sebuah lorong yang di kanan kirinya terdapat akuarium. Akuarium yang berada di sebelah kiri berisi berbagai jenis ikan, sedangkan akuarium di bagian kanan berisi beberapa jenis ular. Lorong ini tidak terlalu panjang. Beberapa bagiannya masih dalam perbaikan. Di bagian luar bangunan ini terdapat kolam yang berisi beberapa ekor penyu berukuran besar.

Tampak luar bangunan berbentuk kapal
Akuarium yang terdapat di area BDC
Kolam Penyu
Di dalam area BDC terdapat kolam lumba-lumba. Pertunjukkan lumba-lumba hanya dilakukan pada jam-jam tertentu. Jika pengunjung datang saat tidak ada pertunjukkan, pengunjung tetap dapat melihat lumba-lumba dari samping kolam. Beruntung, saat saya mengunjungi tempat ini, sedang akan diadakan pertunjukkan lumba-lumba. Sebagian besar pengunjung datang dengan membawa anak-anak yang masih kecil. Pertunjukkan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit ini tidak hanya memukau penonton dengan atraksi lumba-lumba, tetapi juga atraksi binatang lain seperti burung dan anjing. Di sela-sela pertunjukkan, pemandu acara menyampaikan informasi yang dapat menambah pengetahuan tentang lumba-lumba. Usai menonton, pengunjung juga dapat berfoto dengan lumba-lumba.

Dolphin Show
Di bagian lain dari kawasan ini terdapat kebun binatang mini yang disebut Mini Safari. Seperti sebuah kebun binatang pada umumnya, di tempat ini terdapat berbagai jenis binatang seperti macan tutul, beruang madu, zebra, waterbuck, lama, burung emu, dan lain lain. Selain itu, juga terdapat arena bermain anak-anak.

Pintu masuk mini safari
Suasana di dalam mini safari
Usai berjalan-jalan di dalam area ini, saya mengunjungi restoran yang berada tepat di samping kolam lumba-lumba. Saya pun menikmati segelas jus sambil melihat lumba-lumba yang berenang mendekat ke kaca kolam. Restoran ini menyajikan berbagai menu makanan dan minuman. Pengunjung juga dapat membeli oleh-oleh di toko souvenir yang ada di tempat itu. Tidak hanya itu saja, di tempat ini pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggang unta dan berjalan-jalan di pinggir pantai.

Restoran di samping kolam lumba-lumba

Wahana unta tunggang
Itulah sekelumit cerita dari kunjungan saya ke BDC, semoga bermanfaat dan mungkin dapat menjadi salah satu tujuan alternatif liburan Anda. :-)https://www.traveloista.co.id/paket-wisata/jogja

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Liburan Sambil DiBayar

Antara traveling dan menulis memang punya garis hubungan yang spesial. Dari hobi traveling, seseorang bisa menjadi seorang penulis perjala...